Dalam aplikasi sistem infomasi terdapat fitur arsip untuk pengelolaan data APB Desa, Setiap akhir tahun, Desa tentu diwajibkan untuk menyusun APB Desa untuk tahun berikutnya. Dalam Panda SID disebut APB Desa Awal, sedangkan jika ada perubahan pada pertengahan tahun, disebut APB Desa Perubahan. Ikuti langkah berikut untuk menambahkan APB Desa.
- Masuk ke akun Sistem Informasi masing-masing
- Kemudian pilihlah APB Desa, lalu klik anggaran
3. Klik + merah pada kanan-bawah laman untuk menginput data APB Desa
4. Akan tampil formulir input data APB Desa, dan isilah data yang dibutuhkan
NB :
Cara mengisi data APB Desa :
- Kecamatan (otomatis terpilih)
- Desa (otomatis terpilih)
- Periode : pilih tahun anggaran yang akan diinput
- Jenis : pilih Awal atau Perubahan
- Isikan jumlah anggaran Pendapatan
- Terdiri dari pendapatan asli desa, trasnfer dan lain-lain
- Isikan jumlah anggaran Belanja
- Isikan jumlah anggaran Pembiayaan
- Catatan : Jumlah total akan dihitung secara otomatis
5. Klik tombol Simpan untuk menyimpan penambahan data atau klik tombol Batal jika batal menambahkan data
6. Untuk melakukan perubahan, mencetak laporan atau menghapus, Anda bisa menggunakan tombol yang tersedia
NB :
- Tombol pensil (oren) untuk memperbaharui jika masih ada kesalahan data
- Tombol tempat sampah (merah) untuk menghapus
- Tombol berwarnabiru untuk preview
- Tombol hijau untuk mencetak
7. Realisasi Pada aplikasi Panda Sistem Informasi, terdapat pengelolaam data realisasi anggaran sehingga dapat dilihat oleh publik melalui website desa atau bahkan dicetak, hal ini sebagai bentuk nyata komitmen pada transparansi.
Selamat mencoba!